Minggu, 18 Juni 2017

TUGAS SOFTSKILL - Review Jurnal The influence of family therapy on marital conflicts

The influence of family therapy on marital conflicts
Social and Behavioral Sciences

Peneliti : Maryam Zarnaghash, Mina Zarnaghash dan Razieh Shahni.

Keterangan : 84 ( 2013 ) 1838 – 1844. doi: 10.1016/j.sbspro.2013.07.044

Pendahuluan penelitian : 
Keluarga, sebagai unit sosial kecil, dianggap sebagai salah satu institusi utama sebuah masyarakat. Memang, setiap keluarga harus dianggap sebagai batu bata ke dinding masyarakat dan pusat utama untuk melindungi tradisi dan kebiasaan serta nilai-nilai yang dihormati dan berharga, fondasi yang kuat untuk hubungan sosial yang berkelanjutan di antara keluarga, asal mula Ekspresi dan manifestasi emosi, fokus untuk hubungan paling intim di antara individu dan memelihara pemikiran, pikiran, etika, dan promosi jiwa. Sebagai unit sosio-emosional, keluarga adalah pusat pertumbuhan dan perkembangan, menenangkan, melakukan evolusi dan perubahan, kerusakan dan kerugian yang mana hubungan antara anggota keluarga merupakan landasan bagi pembangunan dan lingkungan untuk tranquilization. Akibatnya, ia memiliki pengaruh signifikan terhadap keseimbangan mental, emosional dan sosial. Sebagai lingkungan sosialisasi terkecil, ia menjamin penerimaan peran sosial dan kesesuaian dengan norma sosial. Selain itu, keluarga adalah fondasi dan institusi dasar dalam struktur sosial masyarakat, kesehatan atau penyakit yang menyebabkan konsistensi atau keruntuhan masyarakat. Pembentukan dan penguatan budaya berbasis dialog, serta penyusunan strategi praktis yang bertujuan untuk menemukan solusi layak tertentu dalam situasi kritis adalah masalah yang paling menantang dalam kehidupan keluarga. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengidentifikasi masalah pasangan yang menghadapi krisis dalam kehidupan perkawinan mereka atau yang berada di ambang perceraian. Langkah selanjutnya adalah menawarkan solusi terapeutik, dengan menggunakan metode terapi keluarga yang akan memberikan dasar untuk pelestarian perdamaian dan keluarga.

Metode :
Dalam penelitian ini, wawancara klinis dan skala kepuasan perkawinan ENRICH digunakan. Juga melalui pre test post test dengan kelompok kontrol (18 pasangan) dan kelompok eksperimen (21 pasangan), konflik perkawinan dievaluasi.

Hasil :
Dalam metode ini, terapi keluarga strategis telah digunakan dalam perawatan pasangan dengan masalah perkawinan pada kelompok eksperimen. Hasil untuk pengaruh variabel independen telah diuji pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil yang diperoleh melalui analisis data meliputi :
1. Intervensi terapi keluarga yang strategis telah menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kepuasan perkawinan pasangan dengan masalah perkawinan dalam kelompok eksperimen, dibandingkan dengan kelompok kontrol.
2. Terapi keluarga strategis menyebabkan peningkatan signifikan dalam pemecahan masalah interpersonal pasangan dalam kelompok eksperimen, dibandingkan dengan kelompok kontrol.
3. Terapi keluarga strategis lebih efektif untuk subjek wanita daripada subjek pria.

Kesimpulan :
Upaya dilakukan dalam penelitian ini untuk menggunakan metode bagi keluarga untuk menghasilkan hasil positif pada beberapa budaya. Terapi keluarga strategis telah digunakan dalam penelitian ini karena menghasilkan hasil positif bagi keluarga Asia dan mempertimbangkan bentuk dan solusi saat ini untuk masalah ini. Hasil penelitian ini mengungkapkan keefektifannya metode untuk pasangan yang telah diobati. Hasilnya juga menunjukkan efisiensi terapi keluarga strategis untuk budaya Iran. Mengingat fakta bahwa alasan di balik banyak masalah perkawinan adalah masalah komunikatif, penelitian juga menemukan penyebab masalah antar pasangan menjadi masalah komunikatif. Ini menunjukkan fakta bahwa keterampilan komunikatif yang berguna untuk memulai kehidupan perkawinan belum pernah dipelajari.

Kelemahan :
Kurang deskriptif dan ridak ada saran dari peneliti untuk paca pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#SIP CBIS (Computer Based Information System)

A. Computer Based Information System 1.   Computer Based Information System   a. Definisi     Computer Based Information Sy...