Jumat, 06 Oktober 2017

#SIP - Sistem Informasi Psikologi

Sistem Informasi Psikologi


1. Pengertian sistem & informasi

➤ Menurut Amsyah (2005) sistem informasi merupakan suatu rangkaian informasi yang di dalamnya terdapat bagian - bagian yang berhubungan dan saling berketergantungan satu sama lain, mulai dari bagian yang besar ke bagian yang lebih kecil.

➤ James alter (Mulyanto, 2009) menyatakan bahwa sistem informasi adalah suatu kombinasi antara prosedur kerja, informasi, manusia dan teknologi informasi yang telah diorganisasikan untuk mencapai suatu tujuan dalam organisasi.

➤ Menurut Hutahaean (2014) sistem  informasi merupakan suatu sistem yang berada dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi,  bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar dengan laporan tertentu. 

Dari ketiga definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi merupakan suatu kombinasi antara informasi dan teknologi yang saling berhubungan satu sama lain dan dapat mencapai suatu tujuan dalam sebuah organisasi.

Referensi : 
Amsyah, Z. (2005). Manajemen sistem informasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hutahaean, J. (2014). Konsep Informasi. Yogyakarta: Deepublish. 
Mulyanto, A. (2009). Sistem informasi konsep & aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


2. Pengertian sistem & informasi psikologi

✦ Menurut Gaol (2008) sistem informasi psikologi memiliki tujuan untuk mendapatkan pemahaman bagaimana manusia yang merupakan pembuat keputusan dapat menggunakan informasi formal.

✦ Wade dan Travis (2007) mengungkapkan bahwa psikologi adalah sebuah ilmu yang berfokus pada perilaku dan berbagai proses mental serta cara perilaku dan berbagai proses mental ini dipengaruhi oleh kondisi mental organisme dan lingkungan eksternal.

✦ Menurut Djiwandono (2006) psikologi merupakan ilmu yang tidak hanya mempelajari tingkah laku dan pengalaman manusia secara sederhana, tetapi juga berpikir tentang berbagai faktor yang melibatkan tingkah laku. 

Dari sumber sumber yang tertera diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi merupakan sitem yang merupakangabungan dari suatu teknologi dan manusia, sistem ini dapat digunakan untuk mengolah data untuk mengerti dan memahami tingkah laku manusia yang akan menghasilkan informasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Referensi :
Djiwandono, S., E., W. (2006). Psikologi pendidikan: Edisi revisi. Jakarta: PT. Grasindo.
Gaol, C., J., L. (2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta: PT. Gramedia.
Wade, C., Travis, C. (2007) Psikologi edisi 9: Jilid 1. Jakarta: Erlangga.



3. Pengertian arsitektur komputer
❆ McLeod dan Schell (2008) menyatakan bahwa arsitektur komputer merupakan sekumpulan prosesor komputer dan alat - alat input maupun output.

❆ Menurut Fitriyana (2010) arsitektur komputer merupakan kajian atribut - atribut sistem yang terkait dengan seorang programmer.

❆ Menurut Purwadi, Erwansyah dan Ikhsan (2015) arsitektur komputer memerankan sebuah prosesor sebagai komponen utama dalam menjalankan sistem kerja sebuah komputer.

❆ Menurut Laurens (2004)  arsitektur dijelaskan melaluli spesifikasi elemen - elemen strukturnya, bahan, ukuran permukaan, dan sudut - sudutnya.

Dapat disimpulkan bahwa arsitektur komputer merupakan suatu struktur yang mengoperasikan atau menjadi prosesor dalam suatu sistem pada komputer untuk menjalankan sistem kerja komputer tersebut.

Referensi :
Fitriyana. (2010). Jurnal organisasi dan arsitektur komputer. 1-66.
Laurens, J., M. (2004). Arsitektur dan perilaku manusia.Jakarta: PT. Grasindo.
McLeod, R., Schell, G., P. (2008). Sistem informasi manajemen: Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.
Purwadi, Erwansyah, K., & Ikhsan, M. (2015). Arsitektur komputer tentang mekanisme kerja prosesor dalam menjalankan intruksi dan interupsi pada sistem kerja komputer. Jurnal ilmiah sains dan komputer. Vol. 14, No. 2, 112-120.



4. Pengertian struktur kognisi manusia


♪ Abraham Maslow (Laurens, 2004)  menyatakan bahwa manusia merupakan binatang pada tingkat tertinggi namun manusia dapat dibedakan melalui kemampuan manusia untuk belajar melalui motivasi dan kemampuannya.

♪ Abdulkarim (2005) menyatakan bahwa manusia secara kodrat merupakan makhluk monodualistis, yaitu selain sebagai makhluk individu, manusia juga berperan sebagai makhluk sosial.

Abdulkarim (2008) juga menyatakan bahwa struktur kognitif merupakan keseluruhan dari pengetahuan yang dijadikan landasan untuk memahami dan manfsirkan dunia beserta kejadian - kejadiannya. 

♪ West dan Turner (2008) kognisi merupakan cara untuk mengetahui, kepercayaan, penilaian, dan pemikiran.

♪ Sementara struktur menurut Priambodo (2011) merupakan tiang bangunan yang menjadi kekuatan utama dari bangunan tersebut.

Dari pernyataan - pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa struktur kognisi manusia merupakan beberapa unsur - unsur atau komponen yang dimiliki oleh manusia yang kemudian saling dihubungkan untuk melengkapi satu sama lain, seperti misalnya suatu sistem yang ada dalam otak manusia memerintahkan bagian tubuh manusia untuk menjalankan fungsinya.

Referensi :
Abdulkarim, A. (2005). Pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: Grafindo Media Pratama.
Abdulkarim, A. (2008). Pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: Grafindo Media Pratama.
Laurens, J., M. (2004). Arsitektur dan perilaku manusia.Jakarta: PT. Grasindo.
Priambodo, T. (2011). Struktur dankonstruksi. Jakarta: Griya Kreasi.
West, R., Turner. L., H. (2008). Pengantar teori komunikasi: Analisis dan aplikasi, edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.

5. Kaitan antara asitektur komputer dan struktur kognisi manusia



Dapat kita lihat dari beberapa penjelasan diatas bahwa terdapat suatu kaitan yang erat antara arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia. Arsitektur komputer dan kognisi manusia merupakan 2 aspek yang saling membantu satu sama lain, komputer membutuhkan manusia dan manusia membutuhkan komputer. Komputer hanya dapat bekerja dan memperoleh suatu informasi jika ada bantuan dari kognisi  manusia yang mengoperasikan komputer tersebut. Manusia juga akan sangat terbantu untuk memproses dan memperoleh suatu informasi dengan adanya bantuan dari perangkat komputer.


6. Kelemahan dan kelebihan dari arsitektur komputer bila dibandingkan dengan struktur kognisi manusia

Kelebihan yang dimiliki oleh arsitektur komputer merupakan hal - hal yang berunsur teknologi yang ada dalam perangkat komputer tersebut baik input maupun output seperti sistem, mesin, keakuratan, energi yang tak terbatas dan kecepatan. Sedangkan kelebihan dari kognisi manusia yaitu bagiamana cara manusia mengoperasikan sistem atau struktur dari komputer tersebut. 

Kekurangan yang dimiliki oleh arsitektur komputer adalah tidak bisa berpikir dan hanya bisa bekerja ketika ada programmer. Sedangkan kekurangan dari kognisi manusia yaitu manusia memiliki energi terbatas karena manusia bukanlah suatu mesin yang bisa bekerja tanpa henti dan manusia tidak selalu akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#SIP CBIS (Computer Based Information System)

A. Computer Based Information System 1.   Computer Based Information System   a. Definisi     Computer Based Information Sy...